KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 131/STG SUKSES MENGGELAR BAKSOS DI TOBONGAN

photo_2017-08-22_17-02-27B O L T I M – Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 131/STG yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab Boltim menggelar acara Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HUT RI ke – 72 tahun 2017 yang bertempat di SMP Negeri Satu Atap Desa Tobongon Kec Modayag Kab Boltim, Selasa (22/08).
Bhakti Sosial ini berupa pemeriksaan kesehatan, parade sikat gigi dan mencuci tangan secara benar bagi siswa dan siswi SD Neg 1 Tobongon, donor darah, serta pengobatan secara gratis bagi warga Boltim.
photo_2017-08-22_17-02-12
Sebelum dilakukan gosok gigi dan mencuci tangan secara massal, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131/Stg Ny Deli Sabar Simanjuntak menyerahkan alat kebersihan berupa sikat gigi secara simbolis kepada siswa dan siswi SD Negeri Satu Atap Desa Tobongon.
Gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun tersebut dihadiri juga Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131/ Ny Endro Satoto, Ny Hasbi Lubis yang menjabat sebagai Bendahara Koorcab Rem 131/Stg, Ny Saripuddin yang menjabat Ketua Seksi Yayasan, Ketua Persit KCK Cab XVII Dim 1309/ Mdo Ny Sinta Pioh Syanakri, Dandim 1303/BM Letkol Inf Sampang Sihotang, Kasdim 1303/BM Mayor Inf Lucky S Maramis, Pabung Boltim Mayor Inf Burhan, Danramil 1303-03/Modayag Kapten Inf Jansen Neang, Kadis Kesehatan Kab Boltim Eko Marsidi SKM.MM, serta Kapolsek Modayag AKP I Ketut Mantra.
photo_2017-08-22_17-02-20
Ratusan murid pun tampak antusias mengikuti dan menirukan arahan dari dokter, tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.
Dalam kesempatannya Ny Deli Sabar Simanjuntak mengatakan “kegiatan ini juga untuk mengajarkan terhadap anak-anak tentang pola hidup yang sehat”. Dimana kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita, sehingga diperlukan edukasi pola hidup bersih dan sehat  sejak dini, tutur Ny Deli.
Lanjut Ny Deli, “pola hidup bersih dipastikan banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari datangnya penyakit, dan diharapkan dapat bermanfaat dan terbiasa untuk diterapkan dirumah masing-masing siswa dan siswi”, tandasnya.
photo_2017-08-22_17-01-49
Sementara itu, drg. Praisy Pountu menyampaikan kepada seluruh siswa dan siswi tentang manfaat gosok gigi jika dilakukan secara teratur, dimulai sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam, supaya terhindar dari tumpukan kuman dan menjadi karang gigi yang mengakibatkan keropos gigi hingga sakit gigi, terangnya.
“Bila sakit gigi segera berobat ke dokter gigi yang terdekat atau puskesmas, karena di puskesmas pun sudah ada dokter gigi”, tambahnya.
photo_2017-08-22_17-02-01
Sedangkan cuci tangan, kata dr. Hamdan Korompot menjelaskan “ada beberapa langkah, dimulai dari membasahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir,  gunakan sabun dibagian telapak tangan dan digosok  selama 20 hingga 30 detik. Kemudian, bilas kembali dengan air bersih, gosok telapak tangan hingga sampai  jari, lakukan  40 hingga 60 detik, keringkan tangan dengan tissu atau handuk kertas, gosok telapak tangan kiri dengan memutar ujung jari kanan dan sebaliknya”, terangnya.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *