SEBAGAI UJUNG TOMBAK TERETORIAL, BABINSA POYOWA MENDAMPINGI PETANI OLAH SAWAH

photo_2017-12-13_08-52-11

KOTAMOBAGU – Upaya yang dilakukan oleh Kopda Muhammad Arif selaku Babinsa Koramil 01/Ktg dalam melaksanakan pendampingan Pengolahan Sawah seluas 1.5 Ha di Kelurahan Poyowa kecil kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu mendapat sambutan dan apresiasi positif dari para petani, Khususnya pemilik lahan Bapak Tono Paputungan. Karena mereka merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut, Selasa (12/12).

Selain Mendampingi dan membantu pengolahan sawah, Kopda Muhammad arif itu juga selalu memberikan motivasi kepada para petani serta memonitor pekerjaan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya. Dan dalam pelaksanaan tugasnya Kopda Muhammad Arif juga selalu berupaya untuk membantu masyarakat di daerah binaannya sesuai dengan kemampuannya sehingga dalam proses penanam padi dapat dilakukan dengan baik dan manghasilkan kualitas padi yang bagus.

Dalam kesempatan itu Bapak tono Paputungan selaku pemilik lahan, yang rencananya akan ditanami padi jenis serayu ini mengatakan ucapan terima kasih kepada Kodim 1303/BM khususnya Babinsa Koramil 01/Kotamobagu yang telah mendampingi petani sebab keberadaan para Babinsa di daerah yang selalu melakukan pendampingan membuat para petani bersemangat untuk menanam padi. Pendampingan tersebut antara lain dengan membantu pengolahan tanah, penyemaian, pemeliharaan tanaman dan menyalurkan hasil panen, sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut hasil panen dapat meningkat dan para petani lebih sejahtera, ungkapnya.

Kopda Muhammad Arif menambahkan dan mengatakan bahwa Babinsa adalah ujung tombak satuan teritorial, banyak cara dan upaya yang dilakukan oleh para Babinsa dalam melaksanakan tugas di wilayah Binaannya dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan yang kuat guna mendukung kemanunggalan TNI-Rakyat sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tercapainya tuga pokok TNI-AD, Ucap Babinsa Poyowa kecil saat ditemui.

Para petani di Kelurahan Poyowa Kecil berharap hal ini terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional sekaligus warga tidak sampai kekurangan pangan. Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. Keberadaan Babinsa adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pengerahan para Babinsa di jajaran Kodim 1303/BM dalam pendampingan pertanian tidak lain adalah untuk memacu para petani dalam menggolah sawah dalam mendukung swasembada pangan terwujud di wilayah Teretorial Kodim 1303/BM. Oleh karenanya peran aktif babinsa dalam memberikan motivasi dan dorongan kepada petani harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *