BEGINILAH CARA BABINSA AYONG MENGOLAH LAHAN JAGUNG WARGA BINAANNYA

photo_2018-09-23_08-03-16

photo_2018-09-23_08-05-01SANGTOMBOLANG – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Serda Aris Manto membantu petani membajak lahannya untuk ditanami jagung dengan menggunakan mesin hand traktor di lahan milik Bapak Hendra Saenong dengan luas lahan satu hektar yang berada di Desa Ayong Kecamatan Sangtombolang Kab Bolmong, Senin (24/09/2018).

Plh Danramil 1303-12/Sangtombolang Pelda Syahril G Subroto mengungkapkan, pengolahan menggunakan hand traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, “Dengan menggunakan hand traktor akan mengubah sifat fisik tanah, yang semula keras menjadi datar dan gembur,” terang Plh Danramil.

Danramil menjelaskan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, zat hara tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air. Dengan alat modern tersebut, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan jagung terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan Nasional khususnya Pajale.

“Jagung merupakan tanaman yang tidak terlalu menggunakan air lebih cocok pada musim kemarau seperti sekarang. Ketersediaan pangan khususnya jagung bagi masyarakat harus selalu terjamin,” ujarnya.

Dengan terpenuhinya kebutuhan jagung maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang apalagi dengan harga jagung yang tinggi nantinya dan mampu berperan dalam pembangunan desa.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *