BABINSA LIBERIA TIMUR BERSAMA PETANI SIAPKAN LAHAN BUAT TANAMAN HORTIKULTURA

photo_2018-09-29_07-45-37MODAYAG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-03/Modayag Serda Sudarmon, melaksanakan pendampingan pertanian kepada petani di Desa Liberia Timur Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sabtu (29/09/2018).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa diantaranya meliputi tentang tata cara penggunaan pupuk organik untuk tanaman hortikultura, mulai dari pengolahan tanah yang saat ini sedang dikerjakan Babinsa bersama petani sampai dengan tahap pembibitan.

Menurut Babinsa Desa Liberia Timur, Serda Sudarmon mengatakan, tujuan perawatan dan pemberian pupuk organik adalah untuk mengurangi kematian akibat tanaman yang belum siap dengan kondisi lapangan. Baik itu melindunginya dari cuaca ataupun gangguan hama lainnya.

Tanaman yang memerlukan tahap penyemaian lanjutnya, biasanya yang mempunyai siklus panen menengah hingga panjang dan memiliki benih yang kecil-kecil. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki biji besar, sebaiknya ditanam dengan ditugal atau dengan cara membuat lubang ditanah yang akan ditanami benih.

Sementara, tanaman yang berbiji besar relatif tahan terhadap kondisi lingkungan karena didalamnya telah terkandung zat yang berguna menopang awal pertumbuhan.

“Beberapa jenis hortikultura yang biasa disemaikan antara lain tomat, cabe, sawi, selada dan sebagainya,” Ucap Serda Sudarmon.

Para petani sangat mengapresiasi kinerja Babinsa dan berharap diadakan pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan kemampuan para petani dalam tanaman hortikultura secara efektif.

Selain itu, hasil dari pelatihan tersebut juga diharapkan dapat mendukung program ketahanan pangan masyarakat di Desa Liberia Timur Kecamatan Modayag Kabupaten Boltim.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *